Minggu, 28 Desember 2014

nasib tki sumiati

nasib sumiati lagi lagi nasib tragis dialami oleh tenaga kerja wanita tkw asal indonesia kali ini menimpa seorang warga desa balerejo kecamatan dempet demak bern Read This nasib tki sumiati Lagi-lagi nasib tragis dialami oleh Tenaga Kerja Wanita (TKW) asal Indonesia. Kali ini menimpa seorang warga Desa Balerejo Kecamatan Dempet Demak bernama Sumiyati (30). Selama kurang lebih 14 tahun Sumiyati bekerja di Arab Saudi hingga kini tak ada kabar yang jelas terkait nasib dan keberadaannya.


Menurut Ayah Sumiyati Jayadi (52) selama 14 tahun ini anak sulungnya itu hanya dua kali bisa berkomunikasi langsung dengan keluarganya yakni April dan Juni 2014.


Itupun Sumiyati nekat dengan mencoba mengendap-ngendap keluar rumah majikannya. Sumiyati terpaksa berjalan kaki selama empat jam untuk sampai ke wartel. Lokasi Sumiyati bekerja terpencil jauh dari perkotaan.


Penderitaan Sumiyati tak berhenti di situ. Saat sweeping identitas yang dilakukan rutin oleh pihak pemerintah Arab Saudi dari rumah ke rumah untuk mengelabui pemeriksaan petugas oleh majikan Sumiyati disembunyikan di kandang kambing dan onta selama berhari-hari.


“Sumiyati menyimpan nomor telepon rekan sesama PRT. Nah dari situlah dihubungkan sama kami. Sumiyati menangis ketakutan ingin dipulangkan. Dia dijadikan budak seumur hidup sama majikan. Majikan dia sebulan gonta-ganti. Paspor dan identitas dia dibakar. Dia juga disiksa” kata Jayadi.


nasib sumiati lagi lagi nasib tragis dialami oleh tenaga kerja wanita tkw asal indonesia kali ini menimpa seorang warga desa balerejo kecamatan dempet demak bern



nasib tki sumiati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar