Rabu, 17 Desember 2014

melakukan aktivitas di luar rumah termasuk olahraga

melakukan aktivitas di luar rumah termasuk olahraga menurut penelitian baru orang orang yang kondisi emosionalnya lebih netral tidak terlalu senang atau terlalu sedih memiliki kecenderungan untuk bero Read This melakukan aktivitas di luar rumah termasuk olahraga. Menurut penelitian baru orang-orang yang kondisi emosionalnya lebih netral (tidak terlalu senang atau terlalu sedih) memiliki kecenderungan untuk berolahraga dibandingkan dengan orang yang sedang berada dalam suasana hati yang lebih positif atau sebaliknya. Terlebih lagi orang yang sedang sedih atau mengalami emosi negatif lainnya sangat mempengaruhi keputusannya untuk melakukan aktivitas di luar rumah termasuk olahraga.


Selama penelitian para peneliti membagi 153 mahasiswa menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama menonton acara TV yang bernuansa bahagia/positif (acara komedi). Kelompok kedua diminta untuk menonton sebuah film yang ceritanya berakhir sedih. Sedangkan kelompok ketiga disuguhi tontonan sebuah film dokumenter bisnis. Setiap video dirancang untuk membantu menempatkan siswa dalam suasana hati yang positif negatif atau netral.


Setelah masing-masing kelompok menyaksikan video selama 8 hingga 10 menit mereka kemudian diminta untuk mengisi sebuah kuesioner tentang kebugaran tubuh. Survei tersebut menanyakan seberapa sering siswa berolahraga dan melakukan aktivitas fisik lainnya secara teratur. Survei tersebut juga memasukkan pertanyaan yang dirancang untuk mengetahui apakah menonton video dapat membuat mereka merasa optimis sedih atau netral.


Hasilnya menunjukkan bahwa hampir 72 persen dari siswa melakukan olahraga dalam kurun waktu 3 hari terakhir dan 2/3 dari mereka melakukan aktivitas fisik setidaknya tiga kali seminggu. Tingginya angka tersebut membuat mereka yang terlibat dalam penelitian ini termasuk kelompok yang memiliki motivasi. Kedua kelompok baik yang optimis maupun netral dilaporkan juga mengalami kebahagian yang tinggi.


Setelah menanyakan keinginan para siswa untuk berolahraga para peneliti memperkirakan jika orang yang sedang bahagia akan lebih mungkin untuk mengatakan bahwa mereka berencana untuk berolahraga dibandingkan dengan mereka yang sedang dalam suasana hati sedih atau netral. Namun para siswa yang menonton video bernuansa optimis/positif ternyata kurang mempunyai keinginan untuk berolahraga dibandingkan dengan kelompok yang sedang dalam suasana hati netral. Sedangkan kelompok yang menonton video sedih adalah kelompok yang hasrat untuk berolahraganya paling lemah.


Menurut Jennifer Catellier seorang asisten profesor di John Caroll University Ohio ada kemungkinan bahwa menonton video yang bernuansa positif/bahagia dapat mempengaruhi orang yang cenderung optimis misalnya mendorong mereka untuk mempertimbangkan hal lainnya seperti perilaku yang kurang aktif. Di sisi lain suasana hati yang sedih juga mendorong perilaku seseorang untuk cenderung tidak aktif. Jadi pada akhirnya mereka tidak berolahraga.


Lanjut Catellier orang-orang yang berada dalam keadaan emosi yang netral umumnya masih merasa bahagia namun belum terkena rangsangan emosional yang dapat mempengaruhi keputusan mereka. Mereka cenderung membuat keputusan yang lebih bijaksana daripada kelompok yang dipertontonkan tayangan yang bernuansa bahagia atau sedih.


Emosi yang positif maupun negatif mencegah orang untuk berolahraga


Penelitian ini menunjukkan bahwa kadang-kadang emosi yang positif maupun negatif dapat mencegah orang untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat bagi kesehatan seperti berolahraga. Penelitian ini juga menemukan bahwa emosi yang negatif memainkan peran lebih besar dalam menyabotase niat untuk berolahraga daripada dibandingkan perasaan yang sedang bahagia.


Menurut Catellier untuk mendorong orang melakukan aktivitas fisik secara teratur penting baginya untuk memahami bagaimana cara kerja emosi dapat mempengaruhi sebuah perilaku. Jika perasaan sedih membuat orang merasa malas penting baginya untuk menemukan cara agar dapat mengatasi hal tersebut.


melakukan aktivitas di luar rumah termasuk olahraga. menurut penelitian baru orang orang yang kondisi emosionalnya lebih netral tidak terlalu senang atau terlalu sedih memiliki kecenderungan untuk bero



melakukan aktivitas di luar rumah termasuk olahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar