Minggu, 14 Desember 2014

bencana alam tsunami

bencana alam indonesia memiliki kekayaan sumber daya yang sangat besar alam yang indah dan penduduk yang ramah namun di balik semua itu negara ini menyimpan poten Read This bencana alam gempa bumi Indonesia memiliki kekayaan sumber daya yang sangat besar alam yang indah dan penduduk yang ramah. Namun di balik semua itu negara ini menyimpan potensi bencana yang cukup besar pula.


Salah satu jenis bencana yang sering terjadi di Indonesia adalah yang kita kenal dengan nama bencana alam. Kejadian ini karena memburuknya cuaca dan kondisi geografis akibat dari perubahan iklim.


Wilayah Indonesia terletak di daerah iklim tropis dengan dua musim yaitu panas dan hujan dengan ciri-ciri adanya perubahan cuaca suhu dan arah angin yang cukup ekstrem.


Kondisi iklim seperti ini digabungkan dengan kondisi topografi permukaan dan batuan yang relatif beragam baik secara fisik maupun kimiawi menghasilkan kondisi tanah yang subur.


Namun kondisi itu dapat menimbulkan beberapa akibat buruk bagi manusia seperti terjadinya bencana banjir tanah longsor kebakaran hutan dan kekeringan.


Menurut data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) sepanjang 2014 dari 1.136 kejadian bencana banjir longsor dan puting beliung longsor menjadi bencana yang paling tinggi menyebabkan korban tewas.


“Secara keseluruhan ada 355 korban tewas lebih dari 17 juta jiwa mengungsi dan menderita serta lebih dari 25 ribu rumah rusak” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho.



Presiden: Indonesia siaga bencana


Presiden Indonesia Joko Widodo mengatakan bahwa letak geografis Indonesia membuat negara ini rawan bencana. Ia mengungkapkan banyak daerah di Indonesia yang berisiko tinggi terjadinya bencana tersebut.


“Tidak cuma satu dua tiga empat atau lima titik tetapi ratusan titik di Tanah Air yang rawan longsor” ujarnya.


Menurut Jokowi risiko tanah longsor terbesar ada di pulau Jawa. Apalagi ditunjang dengan pertambahan penduduk di pulau itu yang terus meningkat. Kemudian juga banyak lahan serapan air yang telah beralih fungsi menjadi lahan pemukiman. “Rawan longsor terutama di pulau Jawa. Semuanya kita harus waspadai” kata Jokowi.


bencana alam yang terjadi di indonesia indonesia memiliki kekayaan sumber daya yang sangat besar alam yang indah dan penduduk yang ramah namun di balik semua itu negara ini menyimpan poten



bencana alam tsunami

Tidak ada komentar:

Posting Komentar