Senin, 15 Desember 2014

warna lidah sebagai indikator kesehatan

lidah mempunyai peran sebagai indra pengecap dan pendeteksi rasa makanan seperti asam manis asin pahit atau pedas kendati demikian tidak sedikit dari Read This Warna Lidah Sebagai Indikator Kesehatan Lidah mempunyai peran sebagai indra pengecap dan pendeteksi rasa makanan seperti asam manis asin pahit atau pedas. Kendati demikian tidak sedikit dari kita yang sering mengabaikan fungsi dari lidah sehingga kurang memperhatikan kebersihannya. Menurut Bambang Nursasongko Specialist in Conservative Dentistry di UI sebagian besar orang hanya memfokuskan pada kesehatan gigi dan gusi. Padahal menurutnya kesehatan mulut akan selalu terjaga apabila kondisi lidah juga sehat.


Permukaan lidah adalah tempat berlabuhnya bakteri sehingga memerlukan perawatan secara reguler. Lidah dapat dibersihkan dengan memakai kain lembut. Kondisi lidah seseorang bisa diamati dari tekstur warnanya. Hal ini tentunya tidak sulit untuk mengkategorikan mana lidah yang sehat dan mana yang tidak. Seseorang juga dapat mengetahui kondisi kesehatan tubuhnya dari warna lidah. Bagaimana penjelasannya? Simak ulasannya berikut ini..


1. Lidah berwarna putih


Hal ini umumnya terjadi pada seseorang yang kurang darah sedang menderita typus influenza atau mempunyai masalah dengan pencernaan.


2. Lidah berwarna merah


Hal ini biasanya terjadi pada seseorang yang sedang mengalami panas tinggi. Apabila terdapat bintik merah hal itu menandakan orang tersebut memiliki masalah dengan liver.


3. Lidah berwarna kuning


Walaupun tidak secara langsung menjadi pertanda bahwa seseorang terkena penyakit lidah berwarna kuning bisa menjadi indikator bahwa orang tersebut terlalu banyak merokok dan makan makanan yang pedas.


4. Lidah berwarna ungu


Lidah yang terlihat keunguan biasanya menjadi pertanda bahwa peredaran darah seseorang kurang lancar atau dia sedang mengalami demam.


Tips menjaga kesehatan lidah


Untuk menjaga lidah tetap sehat maka anda juga harus menjaga kebersihannya. Ada beberapa cara untuk menjaga kesehatan lidah diantaranya adalah :


Sikat gigi


Sikat gigilah secara teratur 2 hingga 3 kali sehari. Menyikat gigi dapat menjaga kebersihan mulut secara keseluruhan termasuk lidah gusi dan rahang.


Membersihkan lidah


Selain gigi sikatlah juga lidah anda setiap kali menyikat gigi. Untuk membersihkan lidah anda bisa menggunakan penggosok lidah atau scrub. Gunakan secara perlahan dan lembuat agar tidak melukai lidah anda.


Mengonsumsi yogurt


Yogurt merupakan makanan pro-biotik yang bisa membunuh jamur candida (jamur penyebab lidah putih) dan mencegahnya tumbuh kembali.


Berkumur


Berkumurlah dengan air setelah makan untuk membersihkan lidah dan partikel-partikel makanan yang terjebak diantara gigi. Selain itu berkumurlah dengan menggunakan cairan antiseptik selepas anda menyikat gigi. Hal ini dapat mencegah gigi berlubang dan akumulasi karang gigi serta dapat menghilangkan lapisan putih di lidah. Alternatif lainnya adalah dengan memanfaatkan kunyit. Kunyit merupakan bahan anti-bakteri dan antiseptik yang bisa dimanfaatkan sebagai obat pembersih lidah anda. Campurkan bubuk kunyit dengan air kemudian gunakan untuk berkumur.


Warna Lidah Sebagai Indikator Kesehatan lidah mempunyai peran sebagai indra pengecap dan pendeteksi rasa makanan seperti asam manis asin pahit atau pedas kendati demikian tidak sedikit dari



warna lidah sebagai indikator kesehatan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar