Jumat, 12 Desember 2014

usaha sampingan

Seorang karyawan yang bekerja di sebuah perusahaan, baik itu perusahaan besar ataupun perusahaan kecil, suatu ketika mereka pasti ingin mempunyai bisnis sendiri. Memang, menjadi seorang karyawan (apalagi kalau posisinya bagus dan bekerja di perusahaan besar dgn gaji yang besar) merupakan sebuah kebanggaan tersendiri karena dia mempunyai penghasilan rutin setiap bulan, jadwal kerja yang teratur, jaminan kesehatan dari perusahaannya, dan jg memiliki nilai prestise yang tinggi. Ini merupakan impian dari sebagian besar orang yang bekerja di perusahaan orang lain. Namun, tentunya tak semua org akn memiliki peluang yg sama seperti yang di dapatkan oleh orang lain, bahkan terkadang ada faktor X yg membut karir seseorang terhambat walaupun dia sudah bekerja keras dalam bekerja di sebuah perusahaan.


Bekerja di sebuah perusahaan memberikan keuntungan di satu sisi, yaitu adanya jaminan kesehatan dari perusahaan, gaji yang pasti setiap bulannya, jenjang karir, dan beberapa kelebihan lainnya. Namun di sisi lain, ada juga beberapa kekurangan menjadi seorang karyawan kantoran, seperti; peluang karir karyawan yang terbatas, adanya resiko dipecat jika tak bekerja maksimal, merasa gaji tak sesuai dengan beban kerja, waktu yang habis di kantor, dan mereka yg bekerja di kantoran sering merasa buntu dan jenuh dengan segala rutinitas mereka sebagai karyawan. Banyak dari antara mereka yg memutuskan untuk keluar dari zona nyaman mereka di kantor utk memulai sesuatu yg baru dan penuh tantangan.


Nah, itulah yang menyebabkan banyak karyawan yang mencoba utk memanfaatkan peluang usaha sampingan yang ada di sekitarnya. Kebanyakan dari mereka dpt menjalankan usaha sampingan itu sambil tetap bekerja di kantor, tapi banyak jg yg akhirnya memutuskan utk menjadikan bisnis sampingan tadi menjadi sumber penghasilan utama mereka. Tidak jarang jg karyawan yg meninggalkan dunia kerja kantora demi utk fokus pada bisnis mereka yang memang menunjukkan potensi yg sangat baik.


Ketika kita bicara tentang peluang usaha sampingan, maka akan ada banyak sekali macam usaha yang bisa kami manfaatkan yang ternyata ada di sekitar kita. Seringkali kami tak menyadari peluang bisnis sampingan ini karna kita terlalu fokus pada pekerjaan di kantor. Jika Nte ialah seorang karyawan dan mencari peluang bisnis sampingan maka Nte perlu memperhatihkan peluang bisnis di bawah ini.


I. Memanfaatkan Hobby Sebagai Usaha Sampingan


Ada banyak sekali org yang sukses menjalankan usaha yg dimulai dari hobby. Keuntungan yg di dapatkan dari usaha ini juga terbilang cukup besar. Apa saja jenis hobby yg bisa jadi peluang usaha sampingan?


1. Hobby Memancing


Sudah tdk heran lagi bahwa ada banyak sekali Cowo yg suka memancing ikan, baik tersebut ikan tawar ataupun ikan laut. Kalau Anda memiliki hobby memancing, kenapa tak mencoba menjalankan usaha sampingan dengan memanfaatkan hobby Anda ini? Seseorang yang memiliki hobby memancing – mungkin Lw – pasti memiliki pengetahuan yang cukup tentang tehnik dan cara memancing yang baik, dan juga mengetahui peralatan memancing yang dibutuhkan. Manfaatkan ini sebagai peluang usaha, bagaimana caranya?


Anda dapat menyediakan peralatan alat pancing serta memasarkannya pada teman-teman Sampean yg memiliki hobby yang sama. Tetapi tentunya ini akn membutuhkan modal. Kalau Kamu gak memiliki modal yg cukup, Anda bisa menjual keahlian Engkau dlm memancing pada peng-hobby pancing yg masih pemula. Berikan training cara memancing yg baik pada mereka dan saran-saran terbaik yg Anda miliki. Tentu saja Nte hrs memiliki keahlian khusus dlm memancing. Jika Sampean kepingin menjual kemampuan memancing Anda secara online, maka menjual eBook cara memancing adalah cara terbaik dan termurah. Media online dpt menjangkau banyak org dan ini adalah kesempatan bagi Kamu utk menjual produk eBook yang Anda buat.


2. Hobby Memasak


Biasanya ini dilakoni oleh para wanita, namun tidak menutup kemungkinan dijalankan jg oleh para pria karna banyak pria yg memiliki kemampuan dalam memasak. Memiliki hobby memasak adalah salah satu hobby yang menyenangkan karena berhubungan serta rasa makanan yang dibuat. Selain menyenangkan, hobby memasak juga bisa dijadikan peluang usaha sampingan bagi karyawan yg mempunyai keahlian dalam memasak, bagaimana caranya?


Dengan kemampuan memasak yang Lw miliki, Kamu dapat menjalankan usaha gerai makan, katering, atau menjual kue-kue buatan Anda. Setahu saya, usaha makanan mempunyai potensi bisnis yang sangat baik lantaran makanan merupakan kebutuhan pokok manusia. Utk menjalankan usaha makanan ini tentunya Nte membutuhkan modal yang cukup agar bisnis tersebut bisa berjalan dengan maksimal. Nah, bila Sampean tidak mempunyai modal untuk membuat usaha makanan, Kamu masih mempunyai peluang usaha sampingan dari kemampuan Anda tersebut, yaitu dengan menjual eBook. Buatlah eBook tentang masakan atau kue-kue dengan resep khas dari Anda, serta proses penjualan secara online dapat dgn menggunakan media sosial seperti facebook, twitter, atau dpt juga melaui blog pribadi Anda.


Sebenarnya masih banyak peluang usaha sampingan yg bisa dijalankan dgn memanfaatkan hobby. Silahkan menjelajahi hobby Anda, perhatikan apakah Kamu dapat memanfaatkannya menjadi peluang usaha yg menguntungkan.

II. Memanfaatkan Keahlian atau Keterampilan Sebagai Usaha Sampingan


Pembicara Internet Marketing

Masing-masing orang pasti memiliki keahlian dan keterampilan yang berbeda-beda. Alangkah baiknya bila kami memanfaatkan keahlian dan keteramlilan kita itu menjadi peluang usaha sampingan. Selain kita dpt membantu orang lain yang ingin mempelajari keahlian yang kita miliki, kita juga dapat menghasilkan uang dari keterampilan tersebut. Apa saja keahlian dan keterampilan yg dpt dijual?


1. Keahlian Membuat Website/ Blog (web developer)


Ini ialah salah satu keahlian yg mempunyai potensi bisnis yang sangat besar. Ketika ini semakin banyak para pelaku bisnis ataupun perorangan yg mau memiliki website atau blog tapi mereka tidak memiliki keahlian untuk membuatnya. Tentu saja ini bisa Nte manfaatkan utk memperoleh penghasilan. Berdasarkan informasi yang ane dapatkan dari beberapa sumber, harga jasa untuk membuat sebuah website/ blog sangat beragam, yaitu berkisar dari Rp 500.000 hingga Rp 100 juta per website. Utk harganya, tentu saja Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan Nte serta desain web site yg Nte kerjakan. Bila Sampean tertarik menjadi web site developer, silahkan baca artikel ini.



2. Keahlian Bermain Alat Musik


Ada banyak sekali org yg mau mempunyai kemampuan dalam bermain musik, bahkan mereka rela mengeluarkan uang lebih banyak utk belajar musik dari orang lain. Salah satu org yg memanfaatkan keahlian dlm bermain musik adalah saya. Gw sangat menyukai alat musik gitar dan cukup ahli dalam memainkannya. Waktu masih kuliah, abdi pernah memberikan les private belajar bermain gitar pada mahasiswa lain dengan biaya yg menurut aku lumayan besar. Engkau mungkin memiliki keahlian pada alat musik lain, misalnya seperti piano, terompet, drum, bass, dan lain-lain, manfaatkanlah keahlian Anda tersebut menjadi peluang usaha sampingan yg bisa memberikan keuntungan buat Anda.


Masih banyak jenis keahlian lain yang bisa kami manfaatkan. Namun sebelum kita menjalankan peluang usaha sampingan tersebut, pastikan bahwa Nte memang seorang yang cukup mahir dlm bidang tersebut.

III. Memanfaatkan Internet Untuk Pemasaran Bisnis


Sebaik apapun sebuah bisnis, tetap mesti didukung oleh pemasaran yg baik. Internet adalah salah satu media pemasaran yg sangat efektif saat ini karena kita dapat memasarkan produk apapun melalui internet. Beberapa bisnis yang ketika ini go online diantaranya:


1. Bisnis MLM Online


Dulu bisnis MLM banyak dijalankan secara offline. Ane jg pernah melakukannya, dan abdi gagal. Namun, sejak bisnis MLM dijalankan secara online, proses pemasaran menjadi jauh lebih gampang dari sebelumnya. Serta kemudahan ini jg yg abdi rasakan ketika berbisnis MLM online. Baca ulasan ane di artikel ini. Seorang karyawan atau bahkan seorang ibu hunian tangga dpt menjalankan bisnis MLM online tanpa mesti mengganggu pekerjaan utamanya.



2. Pemasaran Bisnis Makanan Secara Online


Pemasaran via internet memang luar biasa, hal inilah yg disadari oleh para pengusaha makanan seperti Mie Ayam Grobakan, Tahu Jeletot Taisi, Angkringan Nasi Kucing 78, Radja Pizza, dan masih banyak usaha makanan lainnya. Sistem waralaba yang mereka tawarkan secara online ternyata cukup banyak peminatnya sehingga membuat bisnis mereka semakin berkembang.


Selain yang disebutkan di atas sebenarnya masih sangat banyak peluang usaha sampingan yg dpt dikerjakan oleh seorang karyawan yang mau memiliki usaha sendiri. Namun, perlu kita ingat bahwa ini ialah bisnis sampingan, sebaiknya jangan hingga mengganggu pekerjaan utama Engkau sebagai pekerja kantoran. Bila Anda memang ingin fokus pada usaha Engkau tersebut dan kepingin meninggalkan pekerjaan lama Anda, maka Anda hrs memperhitungkan semua kemungkinan yang bisa terjadi. Bisnis tersebut tidak selalu berjalan dengan mulus walaupun kita telah bekerja keras menjalankannya, jadi Anda mesti mempersiapkan segalanya sebelum mengambil keputusan.



usaha sampingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar