Minggu, 07 Desember 2014

susu untuk ibu hamil

tren susu almond merambah jakarta dari sentra jajanan pusat kebugaran sampai gerai penjualan online menawarkan minuman hasil ekstraksi buah badam pr Read This susu uht Tren susu almond merambah Jakarta. Dari sentra jajanan pusat kebugaran sampai gerai penjualan online menawarkan minuman hasil ekstraksi buah badam (Prunus dulcis) tersebut.


Malam masih panjang di Gandaria City Jakarta Selatan akhir pekan lalu namun gerai kaca di kios sari buah Rejuve hanya menyisakan lima botol susu almond dengan rasa original dan vanila. Tempo menjajal pilihan pertama. Minuman 435 mililiter itu dibanderol Rp 50 ribu.


“Sembilan puluh persen konsumen memilih itu karena suka rasanya” ujar Romie Johanes Brand and Business Development Head Rejuve yang dihubungi terpisah. Sisanya dia melanjutkan adalah mereka yang benar peduli tentang manfaat kesehatan susu almond.


Dalam catatan Kementerian Pertanian Amerika Serikat dalam 100 gram minuman tersebut terkandung 20 gram protein 20 gram karbohidrat dan 45 gram lemak. Selebihnya mineral dan vitamin. Lemak yang mendominasi susu almond itu tergolong lemak baik–tak jenuh tunggal dan tak jenuh ganda–yang bisa menurunkan kolesterol.


Tren sekarang bermula dari Amerika Serikat satu dasawarsa terakhir. Tahun lalu seperti dilaporkan Business Week susu almond menggeser kedelai sebagai susu tumbuhan paling populer di sana. Meski kian populer ada yang ngaco dengan susu almond. (baca: Ini Cara Maksimal Memanfaatkan Susu)


Menurut ahli gizi Emilia Achmadi penyebutannya salah kaprah. Susu dia melanjutkan adalah cairan yang dihasilkan oleh kelenjar susu. “Minuman yang terbuat melalui ekstraksi lebih tepat disebut sari seperti sari kacang hijau” ujarnya. Tidak sebatas pada sumber sari badam tidak bisa disebut susu karena kandungan kalsiumnya terlalu kecil. “Kalah jauh dari susu mamalia.”


Namun master nutrisi dari Oklahoma State University Amerika Serikat ini mengakui sari badam memiliki keunggulan ketimbang susu sapi dan sari kedelai yaitu kandungan lemak baik yang tinggi. Keunggulan lain adalah minuman ini bebas laktosa alias gula susu yang menjadi pantangan bagi orang yang menderita intoleransi laktosa. Sebagai protein nabati ekstrak almond bebas dikonsumsi vegetarian. Hanya dia melanjutkan sari badam tidak bisa dijadikan pengganti susu. “Kecuali untuk mereka yang intoleransi laktosa dan vegetarian” katanya.


Pakar gizi dari One Stop Sport Nutrition ini lebih menyarankan mengkonsumsi badam sebagai kudapan. “Terutama mereka yang butuh energi besar seperti atlet” katanya. Memakan almond secara langsung memiliki manfaat lebih banyak ketimbang mengkonsumsi hasil ekstraksinya. Pertama kita bisa mengontrol jumlahnya. Sebab meski kandungan lemaknya tergolong baik konsumsinya tetap harus dibatasi sehingga tidak menjadi kalori. “Kalau terlalu banyak jadi kenyang dan tidak ada ruang lagi di perut.”


Keuntungan kedua adalah biji badam membutuhkan proses pencernaan yang lebih kompleks. Pengunyahannya mengaktifkan gigi dan air liur. Kesibukan di rongga mulut ini menghasilkan enzim yang membantu sistem pencernaan tubuh. (baca: Susu Tidak Kurangi Risiko Patah Tulang)


Masuk ke tenggorokan badam–juga sayur buah dan kacang-kacangan–membawa serat yang dibutuhkan sistem pencernaan. “Smoothies ekstraksi dan jus menurunkan kadar serat” kata Emilia. Risiko kekurangan serat dia melanjutkan yakni meningkatnya gula darah dan kolesterol serta timbulnya gangguan pembuangan.



susu untuk ibu hamil tren susu almond merambah jakarta dari sentra jajanan pusat kebugaran sampai gerai penjualan online menawarkan minuman hasil ekstraksi buah badam pr



susu untuk ibu hamil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar