Sabtu, 27 Desember 2014

penyadapan telepon

penyadapan tanaman karet kepala balai ipteknet badan pengkajian dan penerapan teknologi bppt irwan rawal husdi mengungkapkan sejumlah cara untuk menghindari penyadapanp Read This penyadapan karet pdf Kepala Balai Ipteknet Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) Irwan Rawal Husdi mengungkapkan sejumlah cara untuk menghindari penyadapan.


Pertama kata Irwan membersihkan lingkungan dalam rumah dan tempat bekerja secara rutin dari benda-benda yang dicurigai sebagai alat penyadap. “Intinya pengecekan soal keamanan fisik” kata Irwan saat dihubungi Tempo Jumat 21 Februari 2014.


Irwan menuturkan hal tersebut biasanya sudah menjadi prosedur tetap pengamanan kediaman seorang pemimpin. Alat sadap kata dia kebanyakan berukuran kecil misalnya berupa mikrofon mini yang juga berfungsi sebagai pemancar.


Contohnya seperti yang ditemukan di rumah dinas Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo di Jalan Taman Suropati. Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Tubagus Hasanuddin mengatakan alat tersebut berukuran mini. Penyadap itu mampu menangkap seluruh aktivitas suara dalam radius tertentu.


Cara kedua kata Irwan adalah memanfaatkan klasifikasi sandi digital. Data diberi tambahan kode algoritma enkripsi sebelum pesan dikirimkan. Proses ini dapat mempersulit penyadap karena diperlukan kode untuk menyusun kembali data yang telah diacak.


Meski agak rumit Irwan mengatakan cara tersebut mampu mengaburkan enkripsi yang semula dapat dengan mudah diketahui penyadap. “Kalau kodenya tak terpecahkan data aman” kata dia.


penyadapan telepon kepala balai ipteknet badan pengkajian dan penerapan teknologi bppt irwan rawal husdi mengungkapkan sejumlah cara untuk menghindari penyadapanp



penyadapan telepon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar