Jumat, 19 Desember 2014

kesehatan mental akan terjaga dengan berolahraga

kesehatan mental akan terjaga dengan berolahraga berolahraga secara rutin sejak kecil setidaknya dua hingga tiga kali atau lebih dalam sebulan diketahui dapat meningkatkan fungsi otak di kemudian har Read This Kesehatan mental akan terjaga dengan berolahraga Berolahraga secara rutin sejak kecil setidaknya dua hingga tiga kali atau lebih dalam sebulan diketahui dapat meningkatkan fungsi otak di kemudian hari sebuah studi baru menunjukkan.


Kesehatan mental akan terjaga dengan berolahraga secara rutin sejak kecil


olahraga dan aktivitas fisikMenurut para peneliti asal Inggris kesehatan mental seseorang akan terjaga memasuki usia 50 tahun apabila mereka telah terlibat dalam aktivitas yang intens secara teratur seperti olahraga atau aktivitas fisik lainnya sejak kecil. Para peneliti mengukur tingkat aktivitas fisik lebih dari 9000 orang yang terlibat dalam penelitian ini di mana para peserta diperiksa saat usia 1115334246 dan 50 tahun. Wawancara dilakukan kepada para partisipan dengan interval usia berkala untuk memantau tingkat aktivitas fisiknya. Peserta juga diminta untuk melakukan tes memori perhatian dan pembelajaran.


Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa mereka yang berolahraga sebanyak dua hingga tiga kali atau lebih per bulan secara rutin sejak umur 11 tahun diketahui mendapatkan nilai tes yang lebih tinggi dibandingkan dengan mereka yang tidak berolahraga.


Menurut ketua penelitian Dr Alex Dregan dari King’s College London Olahraga merupakan komponen utama dari intervensi gaya hidup untuk mencegah penurunan kognitif penyakit jantung diabetes dan kanker.


Hasil temuan ini seakan menyimpulkan bahwa tubuh yang sehat akan membuat pikiran juga sehat. Namun demikian tidak semua orang mau atau mampu untuk mengikuti anjuran yang direkomendasikan para ahli yakni olahraga selama 150 menit setiap minggunya.


“Bagi para peserta penelitian setiap tingkatan aktivitas fisik dapat memberikan manfaat kesehatan kognitif bagi mereka dalam jangka panjang dan temuan ini adalah sesuatu yang perlu dikaji lebih lanjut” ujar Dragen. Dragen menambahkan bahwa menetapkan target latihan yang lebih rendah di awal namun secara bertahap meningkatkan frekuensi dan intensitas merupakan cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas aktivitas fisik. Uji klinis menyangkut temuan ini sangat diperlukan untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang manfaat olahraga untuk kesehatan kognitif atau mental di kalangan orang dewasa yang lebih tua.


Kesehatan mental akan terjaga dengan berolahraga berolahraga secara rutin sejak kecil setidaknya dua hingga tiga kali atau lebih dalam sebulan diketahui dapat meningkatkan fungsi otak di kemudian har



kesehatan mental akan terjaga dengan berolahraga

Tidak ada komentar:

Posting Komentar