Minggu, 28 Desember 2014

gunung gamalama meletus 2012

gunung gamalama terletak di emerintah kota pemkot ternate maluku utara malut meminta kepada warga di daerah ini khusus yang rumahnya berada di kawasan bantaran kali untuk mew Read This gunung gamalama terletak di emerintah Kota (Pemkot) Ternate Maluku Utara (Malut) meminta kepada warga di daerah ini khusus yang rumahnya berada di kawasan bantaran kali untuk mewaspadai banjir lahar hujan pasca-erupsi Gunung Gamalama.


Kabag Humas dan Protokoler Pemkot Ternate Sutopo Abdullah di Ternate Sabtu (20/12/2014) mengatakan abu vulkanik erupsi Gunung Gamalama Kamis (18/12/2014) malam dan Jumat (19/12/2014) petang kini menumpuk di lereng gunung setinggi 1.700 meter dari permukaan laut itu.


Jika hujan deras turun di kawasan Gunung Gamalama maka tumpukan abu vulkanik tersebut akan terbawa arus ke wilayah Kota Ternate melalui puluhan kali yang melintas di permukiman warga. Tidak tertutup kemungkinan lahar hujan ini berubah menjadi banjir.


Oleh karena itu kata Sutopo Abdullah warga yang rumahnya berada di bantaran kali jika hujan turun deras harus waspada dan segera menjauh ke tempat yang aman jika air di kali yang membawa lahar hujan telah meluap.


Pemkot telah menetapkan siaga banjir lahar hujan terkait erupsi Gunung Gamalama tersebut sehingga pemerintah bersama instansi terkait lainnya siap membantu warga jika terjadi banjir lahar hujan di daerah ini.


Ia mengatakan pemkot telah menyiapkan 15 titik untuk pengungsian warga jika terjadi banjir lahar hujan. Lokasi pengungsian tersebar di tiga kecamatan yakni Kecamatan Ternate Utara Ternate Tengah dan Ternate Selatan.


gunung gamalama terletak di provinsi emerintah kota pemkot ternate maluku utara malut meminta kepada warga di daerah ini khusus yang rumahnya berada di kawasan bantaran kali untuk mew



gunung gamalama meletus 2012

Tidak ada komentar:

Posting Komentar