Sabtu, 06 Desember 2014

beberapa cara sederhana menjaga kesehatan hati

beberapa cara sederhana menjaga kesehatan hati tingkat polusi di kota kota besar semakin hari kian memprihatinkan spesialis kesehatan paru dr budhi antariksa dari fakultas kedokteran universitas Read This Beberapa cara sederhana menjaga kesehatan hati Tingkat polusi di kota-kota besar semakin hari kian memprihatinkan. Spesialis kesehatan paru dr. Budhi Antariksa dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan bahwa polutan yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia kadarnya bisa mencapai sepuluh kali lipat dibandingkan dengan kota-kota kecil.


Bahaya Polusi


polusi kendaraan Tingginya kadar polusi tersebut bisa menjadi ancaman tersendiri bagi kesehatan masyarakan urban. Terlebih bila masyarakat menghabiskan sebagian besar waktunya di jalanan maka hal tersebut mengandung risiko yang besar untuk terkena paparan emisi kendaraan.


Polusi adalah sesuatu yang berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia. Polutan seperti karbonmonoksida (CO) dapat mempengaruhi hemoglobin darah. Hal ini pada akhirnya akan mengurangi kemampuannya untuk berikatan dengan oksigen sehingga terjadi peningkatan risiko penyakit jantung saraf atau paru-paru.


Penelitian juga menunjukkan bahwa polusi bisa menurunkan kadar kolesterol “Baik” dalam darah dan memicu pengerasan pembuluh darah arteri. Polusi juga telah dikaitkan dengan risiko diabetes autisma dan kanker pada anak.


Beberapa tips sederhana menangkis polusi


Budhi mengatakan bahwa untuk mengurangi paparan polusi sehari-hari ada beberapa cara sederhana yang bisa dilakukan diantaranya sebagai berikut :


1. Menggunakan masker


Ketika mengunakan sepeda motor angkutan umum atau jalan kaki di trotoar sebaiknya anda memakai masker. Masker bisa menangkis polutan. Budhi lebih menyarankan untuk menggunakan masker yang terbuat dari kain. Hal ini karena pori-pori masker kain lebih rapat dibandingkan dengan masker kertas sekali pakai.


2. Menggunakan kacamata


Paparan polusi tidak selalu berhubungan dengan hidung mata pun juga bisa terpapar polusi. Untuk mengurangi paparan polusi di mata Budhi menyarankan agar selalu memakai kacamata terutama ketika mengendarai sepeda motor atau jalan kaki di pinggir jalan. Kacamata yang digunakan sebaiknya kacamata hitam yang sekaligus dapat dipakai untuk menangkis sinar ultraviolet. Sinar UV diketahui bisa mempengaruhi fungsi mata. Bagi pengendara motor juga bisa menggunakan helm yang ada kaca penutupnya.


3. Mencuci masker


Jika masker yang digunakan adalah masker kain (bukan sekali pakai) maka jangan lupa untuk mencucinya setelah dipakai. Masker yang telah dipakai cenderung terdapat polutan di dalamnya. Apabila anda membiarkan masker yang sama untuk digunakan selama berhari-hari anda berisiko untuk menghirup polutan yang sama. Oleh karena itu pastikan mengganti masker setiap hari dengan yang baru atau yang bersih.


Beberapa cara sederhana menjaga kesehatan hati tingkat polusi di kota kota besar semakin hari kian memprihatinkan spesialis kesehatan paru dr budhi antariksa dari fakultas kedokteran universitas



beberapa cara sederhana menjaga kesehatan hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar