Kamis, 25 Desember 2014

aplikasi rekomendasi untuk ipad

aplikasi rekomendasi ada yang berbeda dalam perayaan natal di gereja kristen jawa gkj samirono baru desa caturtunggal kabupaten sleman daerah istimewa yogyakarta kamis Read This aplikasi rekomendasi untuk blackberry Ada yang berbeda dalam perayaan Natal di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Samirono Baru Desa Caturtunggal Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta Kamis (25/12/2014).


Selain dipenuhi berbagai prosesi ibadat umat Kristen perayaan Natal di gereja tersebut juga diisi ceramah oleh Kiai Haji (KH) Abdul Muhaimin pengasuh Pondok Pesantren Nurul Ummahat Kotagede Yogyakarta.


Ibadat Natal di GKJ Samirono Baru dimulai pukul 8.00 dan diikuti sekitar 1.000 orang jemaat. Seusai prosesi keagamaan selesai sekitar pukul 10.00 acara dilanjutkan dengan ceramah dari Kiai Muhaimin.


Saat ceramah oleh pemuka agama Islam itu dimulai hampir semua jemaat GKJ Samirono Baru tak beranjak dari tempat duduknya. Mereka menyimak ceramah dengan khusyuk dan sesekali tertawa karena sang kiai kerap melontarkan guyonan.


Dalam ceramahnya Kiai Muhaimin menguraikan pentingnya kerukuranan antar-umat beragama. Menurut Ketua Forum Persaudaraan Umat Beragama (FPUB) itu perbedaan agama tidak boleh membuat manusia saling membenci.


“Kita harus memandang semua manusia sebagai ciptaan Tuhan dan kita harus saling menghormati dan bekerja sama tanpa harus mengurangi keimanan masing-masing” kata dia.


Oleh karena itu Kiai Muhaimin meminta masyarakat tidak takut bergaul dan berdialog dengan pemeluk agama lainnya. Sebab dialog dengan pemeluk agama lain justru bisa memperkaya pengetahuan seseorang.


Kiai Muhaimin sejak lama dikenal sebagai tokoh kerukunan umat beragama di Indonesia. Pada 1997 bersama puluhan pemuka agama lain dia mendirikan FPUB sebagai forum dialog untuk menjalin kerukunan antar-umat beragama.


Pendirian FPUB dilatarbelakangi adanya kekerasan yang mengatasnamakan agama. Sejak aktif di FPUB Kiai Muhaimin kerap diundang untuk berceramah di gereja termasuk saat perayaan Natal.


“Waktu Natal tahun ini saya diminta ceramah di tiga gereja termasuk di GKJ Samirono Baru. Jadi kalau pas Natal kayaknya saya malah lebih sibuk dari para pendeta dan pastor” katanya sambil tertawa.


Penanggung jawab ibadat Natal GKJ Samirono Baru Untung Suripno mengatakan baru kali ini mengundang tokoh agama lain untuk berceramah dalam perayaan Natal. “Tahun ini kami sengaja mengundang Kiai Muhaimin karena kami ingin ikut menguatkan kerukunan umat beragama di Indonesia” ujar dia.


aplikasi rekomendasi tempat makan ada yang berbeda dalam perayaan natal di gereja kristen jawa gkj samirono baru desa caturtunggal kabupaten sleman daerah istimewa yogyakarta kamis



aplikasi rekomendasi untuk ipad

Tidak ada komentar:

Posting Komentar