Jumat, 02 Januari 2015

manusia purba pithecanthropus erectus

manusia purba di indonesia tim arkeolog yang menggali di turki menemukan alat batu berumur 12 juta tahun sepotong batu serpihan yang ditemukan di kota gediz itu merupakan bukt Read This manusia purba di sangiran Tim arkeolog yang menggali di Turki menemukan alat batu berumur 12 juta tahun. Sepotong batu serpihan yang ditemukan di Kota Gediz itu merupakan bukti dari keberadaan manusia purba yang pernah hidup di tanah itu.


Para peneliti mengklaim potongan alat batu itu dapat membantu banyak ahli arkeologi mengungkap migrasi manusia purba dari Afrika. “Temuan ini merupakan salah satu bukti migrasi” kata Danielle Schreve arkeolog dari Royal Holloway University of London seperti dikutip dari Livescience Rabu 31 Desember 2014.


Alat batu ialah bukti paling nyata tentang tradisi dan peradaban manusia purba. Schreve beranggapan proses pembuatan alat batu dapat menggambarkan kecerdasan dan gaya hidup nenek moyang manusia.


Alat batu tertua yang pernah ditemukan berumur 26 juta tahun. Gaya pembuatan alat batu dari zaman itu disebut teknik Oldowan diambil dari nama tempat Olduvai Gorge di Tanzania tempat batu tersebut ditemukan. Mengacu pada Smithsonian Museum of Natural History pada 17 juta tahun selanjutnya manusia purba jenis Homo erectus membuat alat yang lebih canggih seperti kapak tangan.


Schreve mengatakan banyak serpihan yang ditemukan di Turki berada di sedimen yang sulit dilacak umurnya. Temuan menarik baru dijumpai saat dia dan timnya menggali di Lembah Gediz tempat artefak lainnya ditemukan. (Baca: Pabrik Anggur Kuno Ditemukan di Israel)


Tim lantas menganalisis rasio isotop argon atom dari unsur yang sama dengan jumlah neutron berbeda dari aliran lava yang secara berkala keluar dari lembah. Mereka juga menganalisis orientasi mineral organik.


manusia purba tim arkeolog yang menggali di turki menemukan alat batu berumur 12 juta tahun sepotong batu serpihan yang ditemukan di kota gediz itu merupakan bukt



manusia purba pithecanthropus erectus

Tidak ada komentar:

Posting Komentar