Rabu, 04 Februari 2015

Inilah Rahasia Ilmiah di Balik Haramnya Laki-laki Memakai Emas

”Dihalalkan (mengenakan) sutera serta emas bagi kaum gadis dari umatku serta diharamkan bagi kaum laki-lakinya.” (HR. Ahmad)


Islam melarang Laki-laki memakai emas. Mengapa? Ternyata, selain ada hikmah ekonomi dan sosial seperti dijelaskan Syaikh Dr Yusuf Al Qardhawi dalam buku ”Halal Haram dlm Islam”, terungkap pula hikmah medis di balik haramnya Laki-laki memakai emas.


Berikut hikmah medis tersebut seperti dikutip dari Nabawia.com, Rabu (18/9):


Atom pada emas mampu menembus ke dlm kulit melalui pori-pori dan masuk ke dlm darah manusia. Bila seorang pria mengenakan emas dlm total tertentu dan dlm jangka waktu yg lama, maka dampak yg ditimbulkan yaitu di dlm darah dan urine akan mengandung atom emas dlm kadar yang melebihi batas (dikenal dgn sebutan migrasi emas). Apabila ini terjadi dalam jangka waktu yg lama, maka atom dlm darah ini akan sampai ke otak dan memicu penyakit alzheimer.


Alzheimer ialah suatu penyakit yang membuat penderitanya kehilangan semua kemampuan mental dan fisik dan menyebabkan kembali seperti anak kecil. Alzheimer bukan penuaan normal, tapi ialah penuaan paksaan atau terpaksa. Charles Bronson, Ralph Waldo Emerson serta Sugar Ray Robinson merupakan tiga diantara orang yang terkena Alzheimer.


Lalu, mengapa Islam memperbolehkan perempuan untuk mengenakan emas? Di antara hikmahnya ditinjau dari sisi medis ini adalah, wanita tidak menderita masalah ini lantaran setiap bulan, partikel berbahaya tersebut keluar dari tubuh perempuan melalui menstruasi.


Subhanallah, itulah diantara hikmah mengapa agama Islam melarang Cowo memakai emas. Nabi Muhammad menyampaikan larangan tersebut 1400 tahun yang lalu, padahal beliau gak pernah belajar ilmu fisika.


Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Al-Bara’ bin Azib Radhiyallahu ‘anhu, bahwa ketika Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melihat seorang Cowo memakai cincin emas di tangannya, maka beliau memintanya supaya mencopot cincinnya, setelah itu melemparkannya ke tanah. (HR Bukhari Dan Muslim).
paket umroh murah 2015


“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang cincin emas (bagi laki-laki),” (HR Bukhari No 5863 Serta Muslim No. 2089).



Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam pernah bertemu seorang lelaki yg memakai cincin emas di tangannya. Beliau mencabut cincin tersebut lalu melemparnya, kemudian bersabda,

“Seseorang dari kalian sudah sengaja mengambil bara api neraka dgn meletakkan (cincin emas semacam itu) di tangannya”).


Lalu, setelah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam pergi, ada yg mengatakan kepada lelaki tadi, “Ambillah serta manfaatkanlah cincin tersebut.” Ia berkata, “Tidak, demi Allah. Abdi tak akn mengambil cincin itu lagi selamanya karena Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam sudah membuangnya,” (HR Muslim No. 2090, dari hadits ‘Abdullah bin ‘Abbas).


Imam Nawawi rahimahullah saat menceritakan hadits ini berkata, “Seandainya si pemilik emas tadi mengambil emas tersebut lagi, tidaklah haram baginya. Ia boleh memanfaatkannya utk dijual dan tindakan yg lain. Akan tetapi, ia bersikap waro’ (hati-hati) untuk mengambilnya, padahal ia dapat saja menyedekahkan emas tadi kepada yang membutuhkan lantaran Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidaklah melarang seluruh pemanfaatan emas. Yg beliau larang adalah emas itu dikenakan. Namun utk pemanfaatan lainnya, dibolehkan,” (Syarh Shahih Muslim, 14: 56).


Imam Nawawi rahimahullah berkata dlm Syarh Shahih Muslim (14: 32), “Emas itu haram bagi Cowo berdasarkan ijma’ (kesepakatan) para ulama.” Dalam kitab yang sama (14: 65), Imam Nawawi jg berkata, “Para ulama kaum Muslimin sepakat bahwa cincin emas halal bagi wanita. Sebaliknya mereka juga sepakat bahwa cincin emas haram bagi pria.” (bersamadakwah/nabawia.com/salam-online/jhu)


Read more : paket umroh plus turki 2015



Inilah Rahasia Ilmiah di Balik Haramnya Laki-laki Memakai Emas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar