Rabu, 04 Februari 2015

Inilah Keajaiban Ilmu Geologi dan Mukjizat Al Quran (2)

Selanjutnya di bagian lain, Al-Qur`an mengisyaratkan bahwa bumi diliputi suatu lapisan gas yg menjaganya dari pengaruh langsung sinar matahari. Di mana pengaruh lapisan ini dapat kita rasakan secara langsung dalam kehidupan kita. Lapisan gas yang dimaksud merupakan atmosfir bumi, yang mengelilingi seluruh permukaan planet bumi di mana kami hidup ini.



sistem panas bumi



Karena adanya lapisan atmosfir ini, Al-Qur`an mengungkapkan bahwa manusia, hidup di bumi, bukan di atas bumi. Karna kalau kami hidup di atas bumi maka permukaan kulit bumi ialah bagian terluar dari bumi. dan ini tentunya bertentangan dengan realitas alam, dgn adanya atmosfir bumi yg mengelilingi semua permukaan bumi dgn kekuatan gaya gravitasinya.


Apa yang disampaikan di atas, telah dijelaskan oleh Al-Qur`an dlm surah Ar-Rum ayat 9. Allah SWT berfirman:

”Dan apakah mereka tak mengadakan perjalanan di muka bumi.”


Tentang sifat dari atmosfir, Al-Qur`an dalam salah satu ayatnya telah menceritakan hal ini, yaitu makin tinggi meninggalkan permukaan bumi, maka tekanan udara pada ketinggian itu makin berkurang. Serta itu berpengaruh pada kemampuan benda-benda hidup seperti manusia untuk bernafas pada ketinggian tersebut, dikarenakan saluran pernafasannya terganggu lantaran persediaan oksigen yg menipis. Bahkan akibat dari persediaan oksigen yang sedikit itu, bisa mengakibatkan manusia seperti tercekik atau ia akn mati.


Allah SWT berfirman dlm surah Al-An’am ayat 125:

”Barangsiapa yang Allah menghendaki akan memberikan kepadanya petunjuk, niscaya Dia melapangkan dadanya untuk (memeluk agama) Islam. Serta barangsiapa yg dikehendaki Allah kesesatannya, niscaya Allah menjadikan dadanya sesak lagi sempit, seolah-olah ia sedang mendaki ke langit. Begitulah Allah menimpakan siksa kepada orang-orang yg gak beriman.”


Yang dimaksud dengan ‘dadanya yang sempit’ merupakan terjadinya kekurangan oksigen pada saluran pernafasannya. Dan pengumpaan-Nya dengan pendakian ke langit, hal tersebut menunjukkan kurangnya persediaan oksigen pada ketinggian tertentu pada lapisan atmosfir bumi.
paket umroh plus turki 2015


Dalam surah Ath-Thariq ayat 11, Al-Qur`an menyebutkan sifat lain dari atmosfir ini. Allah SWT berfirman:

”Demi langit yg dapat mengembalikan.”


Kalimat ‘dzatu ar-raj’i’, mengandung arti bahwa atmosfir mempunyai daya utk melindungi bumi, sekaligus memantulkan kembali gelombang elektronik yg membenturnya ke permukaan bumi. Kondisi ini dimanfaatkan manusia utk membuat radio yang memanfaatkan energi gelombang udara. Dan umumnya, manfaat dari atmosfir ini, jg digunakan secara lebih luas dlm bidang telekomunikasi.


Selain dari hal di atas, Al-Qur`an jg membicarakan tentang lapisan bebatuan yg menjadi unsur terpenting bagi struktur pembentukan bumi. Lapisan ini memanjang, mulai dari permukaan bumi hingga ke dalam perut bumi, yg terdiri dari beragam macam tingkatan bebatuan yang memiliki unsur fisika dan kimia tertentu.


Tingkatan kondisi batu tersebut terdiri dari beragam jenis batu-batuan yang secara garis besar terbagi ke dlm tiga kelompok, yaitu batu api atau batu bara, yg terbentuk dari magma yg mencuat dari dasar bumi setelah itu membeku menjadi batu api. dan terkadang magma ini jg bisa muncul ke permukaan bumi dan menjadi batu api yang terdapat di bagian atas bumi.


Kelompok kedua adalah batu endapan yg terbentuk karena endapan unsur-unsur batu yang terjadi melalui proses pengikisan dan pelapukan karna pengaruh udara atau air.


Batu endapan ini, lantaran pengaruh dari pelapukan yang terjadi, terbagi ke dalam batu endapan mekanik yang terbentuk karena faktor endapan mekanik—seperti sungai, serta lautan—dan batu endapan kimiawi yang terbentuk karena proses endapan zat kimia tertentu—seperti karbonat kalsium—dan batu endapan biokimia yg terbentuk karena pengaruh makhluk-makhluk hidup yang mempunyai bentuk yg sangat kecil serta rumit.


Jenis ketiga adalah metamorfik atau batu yg bentuknya dpt berubah-ubah karena pengaruh tekanan udara atau panas atau pengaruh keduanya. Batu-batuan jenis ketiga ini, pada awalnya berasal dari macam batu api dan batu endapan.



Read more : paket umroh murah 2015



Inilah Keajaiban Ilmu Geologi dan Mukjizat Al Quran (2)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar