Rabu, 04 Februari 2015

Inilah Keajaiban Ilmu Geologi dan Mukjizat Al Quran (4)

Petunjuk lain yg disampaikan Al-Qur`an serta berkaitan dengan lapisan bebatuan yang terdapat di bumi ialah penjelasannya tentang pembagian ketebalan lapisan bebatuan tersebut.


Berdasarkan pengamatan para ahli geologi dan geofisika, kesimpulan yang diambil menyatakan bahwa ketebalan yang terdapat pada bebatuan di bagian inti bumi lebih besar daripada yang terdapat pada bebatuan di bagian kulit bumi. Karenanya berat bumi terletak di intinya bukan di kulitnya.


Dan penelitian para ahli jg memberi petunjuk bahwa bumi bisa menumpahkan isinya yang terdiri dari bebatuan-bebatuan besar ketika terjadi letusan gunung atau gempa yg dahsyat.


Dalam hal ini, Allah SWT berfirman dalam surat Az-Zilzalah ayat 1 dan 2:

”Apabila bumi diguncangkan dgn guncangannya (yang dahsyat). dan bumi telah mengeluarkan bahan-bahan berat (yang dikandung)nya.”


Hakikat ilmiah pertama yang terdapat dlm ayat di atas, adalah ketebalan lapisan bebatuan di bagian inti bumi dibandingkan dengan lapisan bebatuan yang terdapat di kulit bumi. Hakikat yang kedua adalah gelombang gempa yg dahsyat dpt menyebabkan bumi mengeluarkan kandungan batu-batu besar yg terdapat di dalamnya ke permukaan bumi.


Selanjutnya, selain beberapa hal yg sudah disebutkan di atas, kami mendapatkan Al-Qur`an membicarakan beberapa petunjuk lainnya berkenaan dengan terdapatnya lapisan air yg terdapat di antara lapisan bebatuan pembentuk bumi bersama dgn lapisan udara yg terletak pada celah-celah di sekitar lapisan bebatuan yang ada.


Lapisan air ini juga tersedia dalam jumlah yang lebih banyak di lautan, samudera dan sungai, sehingga membentuk permukaan air yg mengelilingi semua permukaan bumi.


Fungsi dari air ini sangat esensial sekali. Karna ia ialah salah satu unsur terpenting yg menyebabkan keberlangsungan kehidupan di muka bumi ini. Air berguna membantu tumbuh-tumbuhan dalam perkembangannya untuk menghasilkan bahan makanan yang dimanfaatkan oleh hewan dan manusia.


Ia jg bermanfaat dalam setiap proses kehidupan bagi segenap makhluk hidup yg terdapat di muka bumi ini.
klik disini


Berdasarkan penelitian geologi, unsur air terbentuk setelah terlepasnya bumi dari matahari dlm bentuk gumpalan gas yang memiliki tingkat panas yg sangat tinggi. Kemudian bumi, setelah melalui proses tertentu menjadi dingin yang akibatnya menghasilkan lapisan bebatuan, gas dan air di dalamnya. Karenanya dikatakan bahwa air yang terdapat di planet bumi berasal dari bumi itu sendiri.


Al-Qur`an sejak 14 abad yang lalu sudah mengisyaratkan hal ini dalam surah An-Naziat ayat 31. Allah SWT berfirman:

”Dia memancarkan daripadanya (bumi) mata airnya dan (menumbuhkan) tumbuh-tumbuhannya.”


Selanjutnya dalam bagian lain, Al-Qur`an menjelaskan tentang proses air yang terdapat di samudera serta lautan yg berubah dari bentuk cairnya ke dalam bentuk uap atau awan yang selanjutnya berubah menjadi tetesan air berupa hujan yang diturunkan ke bumi sehingga terbentuk sungai-sungai dan saluran-saluran air yang menyimpan air tawar.


Sebagian dari air hujan ini meresap ke dalam perut bumi dan berkumpul menciptakan sungai-sungai yg terdapat di dlm perut bumi, atau naik ke arah permukaan bumi dlm bentuk sumur dan mata air.


Hakikat ilmiah ini dijelaskan oleh Al-Qur`an dlm surah An-Nur ayat 43. Allah SWT berfirman:

”Tidakkah kamu melihat bahwa Allah mengarak awan, setelah itu mengumpulkan antara (bagian-bagian)nya, kemudian menjadikannya bertindih-tindih, maka kelihatanlah olehmu hujan keluar dari celah-celahnya.”


Dan dlm surah An-Naml ayat 60 Allah SWT berfirman:

”Dan Dia yang menurunkan air untukmu dari langit, lalu Kami tumbuhkan dgn air tersebut kebun-kebun yang berpemandangan indah.”


Yang dimaksud dengan ‘menurunkan air untukmu dari langit’ merupakan turunnya hujan dari awan ke permukaan bumi, untuk menghidupkan bumi sehingga ia bisa mengeluarkan berbagai tumbuhan dgn buah-buahannya yg beraneka ragam jenis dan warnanya. (rol/DR Abdul Basith Jamal dan DR Daliya Shadiq Jamal/Ensiklopedi Petunjuk Sains dalam Al-Qur`an serta Sunnah)


Read more : umroh murah 2015



Inilah Keajaiban Ilmu Geologi dan Mukjizat Al Quran (4)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar