Rabu, 04 Februari 2015

Inilah Keajaiban Ilmu Geologi dan Mukjizat Al Quran (3)

Selanjutnya, lapisan bebatuan yg terdapat di bumi, juga terdiri dari beragam macam macam unsur logam yang terbentuk lantaran proses gabungan beberapa unsur kimia serta fisika. Unsur logam ini terbagi dlm dua bagian. Pertama merupakan logam silikat, di mana unsur utama pembentukannya adalah silikon ditambah dengan unsur-unsur kimia yang lain. Kedua logam non-silikat di mana dlm unsur pembentukannya tdk terdapat unsur silikon.


Dalam pembentukan suatu jenis logam, unsur yg diperlukan bisa berjumlah satu atau lebih yang saling menyatu dgn suatu proses tertentu. Namun utk membantu proses pembentukannya, setiap logam membutuhkan energi tertentu sehingga proses pemnbetukannya dimungkinkan. dan pembentukan logam ini tak bisa terjadi kecuali bila tingkatan energinya berada pada titik terendah.



Skala Waktu Geologi



Al-Qur`an sudah memberikan isyaratnya berkaitan dgn bebatuan dan unsur logam yang terdapat pada lapisan bebatuan pembentuk bumi. Di antaranya, Al-Qur`an menyebutkan tentang pembentukan warna pada bebatuan yang terdapat di lapisan bumi yg berbentuk batu, yang mempunyai pengaruh pada warna logam yg dikandungnya.


Berdasarkan Al-Qur`an, pembentukan warna-warna bebatuan disebabkan oleh reaksi kimia, seperti larutan air, pencairan, zat hidrat dan zat asam karbon, serta seterusnya.


Dalam surah Fathir ayat 27 Allah SWT berfirman:

”Tidakkah nte melihat bahwasannya Allah menurunkan hujan dari langit lalu Kami hasilkan dengan hujan tersebut buah-buahan yg beraneka ragam macam jenisnya (warnanya). Dan di antara gunung-gunung itu ada garis-garis putih dan merah yg beraneka macam warnanya dan ada (pula) yg hitam pekat.”


Ayat di atas memberi petunjuk bahwa sebab dari terbentuknya gunung yang berwarna putih atau merah merupakan air. dan ini merupakan isyarat bahwa air memiliki pengaruh dlm reaksi kimia yg menyebabkan warna pada bebatuan dan tambang.


paket umroh murah plus turki 2015

Dalam bagian lain, Al-Qur`an memberikan isyaratnya pada surah Al-Hadid ayat 25. Allah SWT berfirman:

”Dan Kami turunkan besi yang padanya terdapat kekuatan yang hebat.”


Ayat ini menyebutkan salah satu unsur terpenting yang terdapat pada lapisan bebatuan yang ada di dalam bumi, yaitu unsur besi.


Berdasarkan penelitian para ahli, pembentukan unsur besi mustahil terjadi di dlm perut bumi, lantaran dlm pembetukannya ia membutuhkan energi yang banyak dan tidak mudah tersedia di dalamnya.


Karenanya mereka menyimpulkan bahwa unsur besi sudah terbentuk di planet lain yg di dalamnya tersedia energi yang memungkinkan pembentukannya. Kemudian unsur besi ini dibawa atau dipindahkan ke bumi dgn satu mekanisme yg tdk diketahui secara pasti.


Cara ungkapan Al-Qur`an dengan menggunakan kata ‘kami turunkan’ mengatakan peristiwa turunnya unsur besi ini. Karena turunnya sesuatu gak mungkin terjadi kecuali dari daratan tingi ke daratan rendah. dan tingkat ketinggian dan kerendahan itu, tak lain, melainkan tingkat ketinggian dan kerendahan energi yg diperlukan dlm pembentukan unsur besi.


Al-Qur`an dalam bagian lainnya menyebutkan fenomena alamiah lain yang berkaitan dengan lapisan bebatuan, yaitu apa yang biasanya disebut dengan lempengan tektonik. Dlm surah Ath-Thariq ayat 12 Allah SWT berfirman:

”Dan bumi yg memiliki ‘rekahan’.”


Peristiwa rekahan yang terjadi di kulit bumi, sebagaimana yang disebutkan dlm ayat di atas, terjadi karena lipatan yg terjadi pada lempengan tektonik yang membentuk struktur bumi. Di mana lipatan ini berpengaruh kepada terbelahnya lapisan bebatuan yang ada di perut bumi dan terbentuknya lubang besar, sehingga tercipta palung besar yang membentuk lautan dan samudera. Misalnya palung yang terdapat di Laut Merah yg berasal dari lubang besar di daratan Afrika.



Read more : umroh murah 2015



Inilah Keajaiban Ilmu Geologi dan Mukjizat Al Quran (3)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar