Sabtu, 03 Januari 2015

berkendara waktu hujan

berkendara saat hamil muda berkendara pada musim hujan tentu akan berbeda perlakuannya pada saat berkendara di kondisi jalan yang kering biar bagaimana pun tentunya aktifitas h Read This berkendara saat hamil Berkendara pada musim hujan tentu akan berbeda perlakuannya pada saat berkendara di kondisi jalan yang kering. Biar bagaimana pun tentunya aktifitas harian harus tetap berlangsung. Tapi penting untuk memperhatikan beberapa hal berikut.


Tekanan ban cukup


Periksa tekanan dan alur ban mobil. Tekanan yang terlalu keras akan mengurangi daya cengkeram terhadap permukaan jalan. Sebaliknya kurangnya tekanan ban mobil akan menyebabkan mobil lebih mudah selip di jalanan basah.


Penggunaan cruise control pada mobil


Khusus untuk kendaraan roda empat sistem cruise control sebaiknya tidak difungsikan pada jalanan basah. Cruise control berperan mempercepat atau memperlambat kendaraan untuk tetap dalam kecepatan yang telah ditetapkan fitur ini biasanya digunakan pada jalan bebas hambatan.


Ketika ban kehilangan cengkeraman di jalanan basah roda secara alami akan mulai melambat dan akan terus melambat sampai perubahannya sesuai dengan kecepatan kendaraan yang sebenarnya saat titik cengkeraman dikembalikan.


Jika cruise control diaktifkan sistem akan mendeteksi perlambatan dan akan mencoba mempercepat. Hal ini akan menyebabkan satu atau seluruh ban kehilangan cengkeraman sepenuhnya. Keadaan ini dapat menyebabkan pengemudi kehilangan kendali terhadap kendaraan sepenuhnya.


Atur jarak pengereman lebih jauh


Perlambat kendaraan saat melintasi genangan air untuk mengecilkan risiko terjadinya selip dan menambah jarak aman dengan kendaraan di depan. Jika pada kondisi kering jarak aman biasanya dihitung selama tiga detik dari kendaaraan di depan sebaiknya ditambah jadi lima detik pada kondisi jalan basah.


Kecepatan yang lebih rendah juga mengurangi kemungkinan terjadinya selip disebabkan genangan air (aquaplaning). Situasi ini terjadi ketika tapak dalam ban tidak lagi menyalurkan air dari permukaan jalan. Akibatnya ban mulai ‘mengambang’ pada lapisan air dan dari titik ini ban (dan kendaraan) akan tergelincir.


Jadi sebaiknya tidak memaksakan untuk tergesa-gesa saat berkendara pada kondisi basah. Baik menggunakan kendaraan roda dua maupun saat menggunakan kendaraan roda empat.


berkendara saat hamil berkendara pada musim hujan tentu akan berbeda perlakuannya pada saat berkendara di kondisi jalan yang kering biar bagaimana pun tentunya aktifitas h



berkendara waktu hujan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar