Selasa, 03 Februari 2015

Teknik Membaca Alquran sangat Singkat, 5 Jam Lancar

M Ashim Yahya, hanyalah seorang ustadz biasa namun dirinya mempunyai kepedulian dengan banyaknya umat Islam yg tdk mampu membaca Al Quran hingga tertantang untuk menciptakan formula ”Teknik Cepat Baca Tulis Al Quran, 5 Jam Lancar”.


Mungkinkah dalam waktu 5 jam dapat baca tulis Al Quran?, namun realitasnya memang benar-benar terbukti ”bisa” karna polanya ternyata tdk cuma mengedepankan pada teknik hapalan terhadap huruf melainkan praktiknya langsung.


”Metode ini telah dikaji dan diujicobakan oleh gw hampir delapan tahun lamanya. Alhamdulillah ternyata bisa,” kata pria kelahiran Bangkalan, Madura, Sepuluh November 1973 tersebut di Jakarta, Rabu.


Dikatakan, metode awal pengajaran yg diberikannya tersebut lebih tertuju pada pemahaman huruf hijaiyah melalui bentuk dan titik pada jam pertama, jam kedua, pemahaman tanda baca, jam ketiga, cara baca sambung dan menulis, jam keempat, hukum bacaan, serta jam kelima pada tanda waqof/berhenti.


Untuk pemahaman huruf hijaiyah itu, katanya, berupa huruf hijaiyah, cara memahami huruf melalui bentuk, titik, dan translitasi, dan tempat keluarnya huruf (makhraj).


”Setidaknya utk orang yg benar-benar murni tdk dapat membaca Al quran sedari kecil, Insya Allah, lima jam sudah dapat mempraktikannya langsung. Sedangkan untuk yang sebelumnya sudah pernah belajar soal huruf, Insya Allah dlm waktu tiga jam telah dapat dengan lancar,” katanya.


klik disini

”Metode aku lebih tertuju pada praktik bukan pada hapalan, hingga seseorang yang belajar akn memahaminya dgn cepat termasuk maknanya,” ujarnya.


Bagaimana bisa menemukan teknik baca Al Quran itu? M Ashim gak begitu saja menemukan cara ini melainkan telah melalui perjalanan panjang sedari kecil saat belajar di pesantren dan pengalaman tersebut dicoba untuk dievaluasi apa yg menjadi persoalan lambannya seseorang mampu belajar baca Al Quran tersebut. ”Saya pelajari tersebut sejak masih duduk di Tsanawiyah Madrasah Quran Tebu Ireng, Jombang serta Pesantren Lirboyo, Kediri,” katanya.


Hingga pada 2007, mencoba hasil pengamatannya selama ini. Praktiknya berhasil dilakukan. ”Alhamdulillah, dari orang-orang yang pernah diajar. Mereka telah dapat membaca menulis Al Quran dalam waktu yang cepat,” katanya.


Keinginan untuk memberikan ilmu yang dimilikinya kepada warga banyak itu, tidak terlepas dari firman Allah SWT;

”Al Quran ini merupakan penerangan bagi seluruh manusia, dan petunjuk dan pelajaran bagi orang-orang yg bertakwa” (QS. Ali Imran (3): 138).


Kemudian,

”Sebaik-baik orang diantara kamu adalah org yg mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya,” (HR Bukhari).



Read more : selanjutnya



Teknik Membaca Alquran sangat Singkat, 5 Jam Lancar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar